10 Makanan Takjil yang Lezat dan Sehat untuk Menyambut Buka Puasa

 

Mengintip 10 Makanan Takjil Favorit di Negara-negara Asia Tenggara

"10 Makanan Takjil Praktis dan Mudah Dibuat untuk Menyambut Buka Puasa", Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadan. Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam dan dianggap sebagai bentuk pengendalian diri, kesederhanaan, dan kebersamaan dengan sesama Muslim.

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat berpuasa adalah saat berbuka puasa, yang disebut juga dengan istilah "iftar" atau "buka puasa". Saat berbuka puasa, orang biasanya memilih makanan kecil dan ringan yang disebut takjil untuk mengisi perut dan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Berikut ini adalah 10 makanan takjil yang populer di Indonesia dan beberapa negara lain selama Ramadan:

1. Kolak

Kolak adalah makanan yang terbuat dari pisang, ubi jalar, kolang-kaling, dan santan. Makanan ini cukup populer di Indonesia dan disajikan dalam berbagai bentuk seperti kolak pisang, kolak ubi, dan kolak kacang hijau. Kolak sangat cocok untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa karena kaya akan karbohidrat dan kandungan gula alami dari buah-buahan.

2. Kurma

Kurma adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi saat berbuka puasa di seluruh dunia. Kurma kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. Selain itu, kurma juga mengandung gula alami yang dapat membantu mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

3. Es campur

Es campur adalah minuman yang terdiri dari campuran buah-buahan segar, nata de coco, jelly, dan sirup. Minuman ini sangat menyegarkan dan cocok untuk mengembalikan cairan tubuh setelah seharian berpuasa. Es campur juga bisa dijadikan alternatif yang sehat dari minuman manis dan berkalori tinggi lainnya.

4. Martabak

Martabak adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan daging cincang, telur, dan sayuran. Martabak biasanya digoreng dan disajikan dengan saus kacang atau saus kecap. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan sering dijadikan makanan takjil saat berbuka puasa.

5. Sop buah

Sop buah adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil, susu kental manis, dan es batu. Makanan ini sangat cocok untuk mengembalikan cairan tubuh dan energi setelah seharian berpuasa. Selain itu, sop buah juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

6. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau adalah makanan yang terbuat dari kacang hijau, santan, dan gula. Makanan ini sangat populer di Asia dan biasanya dijadikan makanan takjil saat berbuka puasa. Bubur kacang hijau kaya akan serat, protein nabati, dan karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap sehingga cocok untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

7. Dadar gulung

Dadar gulung adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan kelapa parut. Makanan ini sering diisi dengan selai kacang, cokelat, atau pisang. Dadar gulung sangat populer di Indonesia dan biasanya dijadikan makanan takjil saat berbuka puasa. Selain itu, dadar gulung juga bisa menjadi camilan sehat yang kaya akan serat.

8. Tempe mendoan

Tempe mendoan adalah makanan yang terbuat dari tempe yang dilumuri bumbu rempah-rempah dan tepung terigu, kemudian digoreng. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan biasanya dijadikan makanan takjil saat berbuka puasa. Tempe mendoan kaya akan protein nabati dan karbohidrat kompleks yang membantu memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

9. Kue putu

Kue putu adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut yang dikukus dalam bambu. Kue putu biasanya diisi dengan gula merah atau kacang hijau. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan biasanya dijadikan makanan takjil saat berbuka puasa. Kue putu kaya akan karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap sehingga cocok untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

10. Bubur sumsum

Bubur sumsum adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan dan santan yang dicampur dengan gula merah atau gula pasir. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan biasanya dijadikan makanan takjil saat berbuka puasa. Bubur sumsum kaya akan karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap sehingga cocok untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

Itulah 10 makanan takjil yang populer di Indonesia dan beberapa negara lain selama Ramadan. Namun, perlu diingat bahwa makanan takjil sebaiknya dikonsumsi dengan bijak dan seimbang karena beberapa jenis makanan takjil dapat tinggi gula dan kalori. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih makanan takjil yang sehat dan bergizi agar dapat mengembalikan energi dan membantu menjaga kesehatan selama Ramadan. Selamat mencoba!

LihatTutupKomentar